-->

Ini sebabnya kenapa laki-laki dianjurkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid!

Portal-Islampedia - Subuh yaitu satu diantara saat diantara sekian waktu, dimana Allah Ta'ala memerintahkan umat Islam untuk kerjakan Sholat saat itu. Tetapi, banyak Muslim yang lupa dalam kerjakan Sholat shubuh. Mereka lebih pilih meneruskan tidurnya daripada bangun untuk melakukan Sholat. Bila kita lihat jumlah jamaah yang Sholat shubuh di masjid, juga akan merasa berlainan dibanding dengan jumlah jamaah pada saat Sholat yang lain.

Ini sebabnya kenapa laki-laki dianjurkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid!


Walau sebenarnya Sholat Subuh mempunyai hitungan rakaat paling sedikit, namun menjalankannya terkadang merasa sangat sulit. Hal semacam ini juga berlaku waktu menggerakkan Sholat Isya, saatnya yang panjang membuat kita seringkali menahan-nahan, "Ah, ntar saja. masih panjangini waktunya".

Tahukah anda, ke-2 Sholat ini malah memiliki sebagian keutamaan di banding Sholat yang lain. Yang juga akan kita ulas kesempatan ini adalah keutamaan Sholat Subuh berjamaah. Dari beberapa situs Islam terkenal, berikut keutamaan Sholat Subuh berjamaah.

1. Terhindar Dari Sifat Orang Munafik

Tanda-tanda orang munafik bukan sekedar diliat dari ucapannya yang seringkali berbohong atau janjinya yang seringkali berkhianat, namun dapat juga diliat dari kesadarannya membangun Sholat Subuh serta Isya berjamaah.

Tidak ada Sholat yang lebih berat (dikerjakan) untuk orang munafik dari pada Sholat Subuh serta Isya. Kalau mereka ketahui (keutamaan) yang ada di dalamnya, pasti mereka juga akan mengerjakannya meski dengan merangkak. Benar-benar saya sudah akan memerintahkan pada petugas azan untuk iqamat (Sholat) lalu saya ambil bara api serta membakar (tempat tinggal) orang yang belum juga tidak keluar melakukan Sholat (di masjid).(HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

2. Memperoleh Ganjaran Sholat Malam Sepanjang Waktu

Seperti yang telah kita singgung diatas, melakukan Sholat Subuh serta Sholat Isya jadi ujian sendiri untuk beberapa orang. seperti ujian biasanya, ke-2 Sholat ini juga menjanjikan hadiah yang manis untuk manusia yang berhasil melakukannya.

Barang siapa yang lakukan Sholat Isya berjamaah, jadi dia sama dengan manusia yang lakukan Sholat 1/2 malam. Siapa saja yang lakukan Sholat Subuh berjamaah, jadi dia sama dengan manusia yang lakukan Sholat malam selama saat malam itu. (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu 'anhu)

Ini sebabnya kenapa laki-laki dianjurkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid!


3. Berpeluang Memperoleh Pahala Haji Atau Umrah Apabila Berzikir Sampai Terbitnya Matahari

Terasa kurang serta tidak berkecukupan? Yang diimpikan umrah serta haji rasa-rasanya demikian susah kita capai? Janganlah berkecil hati dahulu, Allah juga akan memberi pahala setara dengan umrah serta haji untuk kita yang teratur berdoa serta melakukan Sholat Subuh berjamaah di masjid.

Barang siapa yang Sholat Subuh berjamaah lalu dia duduk berzikir pada Allah sampai matahari terbit, lalu Sholat dua rakaat, jadi baginya seperti pahala haji serta umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna(HR. Tirmidzi)

4. Mendapatkan Cahaya Terang di Hari Kiamat

Sholat Subuh yang dikerjakan saat pagi buta memanglah jadi ujian sendiri. Gelap, dingin, ngantuk, serta godaan yang lain. Namun tahukah anda, malah kemampuan kita untuk menyingkirkan beragam kemalasan ini juga akan memperoleh balasan setimpal di hari kiamat kelak. Allah juga akan memberi sinar yang prima untuk kita yang melakukan Sholat Subuh berjamaah di masjid.

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda : "Sampaikanlah berita senang pada beberapa orang yang jalan ketika gelap menuju masjid, dengan sinar yang prima pada hari Kiamat."  (HR. Abu Dawud serta Tirmidzi)

Jadi, masih tetap ingin melakukan Sholat Subuh dirumah dengan dalih dingin, malas, dsb? Yuk, check sekali lagi faedahnya. Mudah-mudahan Allah senantiasa berikan hidayah pada kita semuanya, terkhusus untuk beberapa lelaki agar bisa melakukan Sholat berjamaah di masjid.

0 Response to "Ini sebabnya kenapa laki-laki dianjurkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel